Jumat, 02 Maret 2012

makna Uzlah

gBismillahir rahmaanir rahiem…
Sebagian besar dari penghalang ibadah adalah Mahluk. Maka sudah saatnya kita uzlah. Semoga Allah memberi  taufiq kepada kita semua untuk taat kepadaNya.
Mewajibkan untuk uzlah dari mahkluk karena apa?
  Yaitu karena kebanyakan mahkluk itu memalingkan engkau dari beribadah dengan memasukan kebingungan-kebingungan dihatimu dan sebagainya. Seperti yang telah dihikayatkan oleh setengah ulama :
“Aku telah menemui sekumpulan orang-orang yang sedang main panahan. Diantara mereka adaseorang yang duduk menyendiri menjauh dari kawan-kawannya. Maka aku ingin berbincang-bincang dengannya. Tapi dia mengatakan bahwa dzikir kepada Allah lebih baikitu lebih baik daripada berbincang-bincang denganku.
“engkau menyendiiri dan terpisah dari orang-orangyang lain”
“ah tidak, aku tidak sendiri. Aku Bersama Tuhanku dan Bersama kedua malaikat yang ada dikiri dan kananku “ jawabnya.
“Siapa yang menang diantara mereka?”
“yang Mendapat ampunan Allah swt .”
“mana jalan yang menuju kesana?”
Dia mengarahkan tangannya keatas, lalu berdiri dan pergi  meninggalkanku sambil berkata “ Ya Allah, kebanyakan mahkluk itu memalingkan aku dariMu.”
Jika demikian, maka sebagian besar dari mahkluk itu membimbangkanmu utuk beribadah. Bahkan terkadang menghalangimu dan membawamu pada kejahantan dan kemaksiatan. Nau’dzubillah…
Hal itu terjadi karena mereka tidak mengetahui hak-hak Allah, tapi hanya mengetahui hak hak kehambaan. Dan hanya mengetahui lahirnya kehidupan dunia saja. Untuk Akhirat, mereka lali dan tidak memikirkan . dan hatim Al ‘Ashom rahimallah mengatakan :
“ Aku minta lima perkara dari makhluk namun aku tidak mendapatkannya”.
“aku minta suoaya mereka taat dan zuhud, tapi ,mereka tidak mau mengerjakannya”
“Aku minta supaya mereka menolongku dalam ta’at dan zuhud, mereka tidak ,mau zuhud “
“aku minta agra mereka ridla jika aku ta’at dan zuhud, malahn mereka membenciku”
“ aku minta supaya mereka jangan menggangguku dala menjalankan ta’at dan zuhud, tapi mereka menghalangiku dari ta’at dan zuhud.”
“aku minta supaya mereka jangan mengajak aku kepada jalan yang tidak diridhai oleh Allah SWT dan jangan memusuhiku jika tidak mengikuti mereka . tapi mereka tidak mau demikian .
“Oleh karena itu aku tinggalkan saja mereka dan aku khususkan menguruskan diriku sendiri.”
wahai ikhwan wa akhwat fillah, sungguh kekasih kita yang selalu kita rindukan Nabi Muhammad SAW telah melukiskan zaman uzlah dan sifat-sifatnya pada zaman itu.
Yaa Rahman yaa Rahim,
 Alhamdulilahi rabbila’aalamien…
Allhumma shalli ‘ala sayyidinaa Muhammad…
 Yaa Allah, Semoga sesuatu yang begitu penuh dengan kekurangan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dan kepada Allah jualah kami memohon pertolongan karena dalam menempuh jalan hidup dengan memohon pertolongan dan perlindunganMu, maka semuanya akan mudah. Engkaulah sebaik-baiknya tempat memohon . berikanlah bantuan kepada kami dengan benteng taufiq dan hidayahMu…
Aamien,,,
Laa haula walaa quwwata illa billah...
Jazakumullah khair…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar