PENGAMBILAN
KEPUTUSAN
A.
Pengertian
pengambilan keputusan
Dari
beberapa pendapat yang kemudian disimpulkan bahwa pengambilan keputusan
merupakan serangkaian proses atau tindakan sistematis terhadap suatu masalah
yang dihadapi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pengertian
yang sederhana pengambilan keputusan yaitu proses pembuatan pilihan dari
sejumlah alternative.
B.
Proses
pengambilan keputusan
Proses
pengambilan keputusan atau pembuatan keputusan merupakan siklus yang mencakup
identifikasi dan diagnosis terhadap suatu kesulitan, pengembangan rencana untuk
mengatasi kesulitan . proses itu paling
tidak terdiri dari 6 langjah yaitu: (1) identifikasi masalah (2) Mengembangkan
alternative-alternatif pemecahan masalah
(3) Evaluasi terhadap masing-masing alternative (4) memilih alternative
yang baik. (5) Melaksanakan keputusan. (6) Melakukan penilaian terhadap
keputusan yang telah dilaksanakan.
C.
Jenis masalah
dalam pengambilannya
Secara
garis besar masalah ada dua jenis masalah yang biasanya dihadapi oleh suatu
organisasi, yaitu masalah yang sederhana dan masalah yang rumit. Masalah
sederhana adalah masalah yang berskala kecil, berdiri sendiri, tidak mngandung
konsekuensi yang besar, dll strategi mengatasi masalah yang sederhana biasanya
dilakukan secara individual oleh setiap pemimpin biasanya dlakukan mengguanakan
intiusi, pengalaman, kebiasaan, dan wewenang yang melekat pada jabatannya. sedangkan
masalah rumit bisa diartikan kebalikan dari masalah yang sederhana. Masalah
rumit ini ada dua macam, yaitu masalah
yang terstruktur yaitu jelas faktor-faktor penyebabnya, bersifat rutin atau
berulang kalisehingga pemecahannya pun dilakukan dengan teknik yang rutin dan
dibakukan. Misalnya masalah penggajian , kepangkatan dan pembinaan pegawai dll. Untuk masalah yang
tidak terstruktur proses engambilan keputusn semakin rumit dan lebih lama. Sebab
hal ini merupakan penyimpangan dari masalah yang bersifat umum, tidak rutin,
tidak jelas faktor penyebabnya dan konsekuensinya. Oleh kerena itu teknik
pengambilan keputusan harus benar tepat dan hati-hati.memerlukan banyak
pertimbangan dan harus mampu mencari alternative yang paling rasional dan
sesuai kebutuhan.
D.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi dalam pengambilan masalah:
(1)Faktor
organisasi dimana dalam organisasi yang sangat berpengaruh dalam pengambilan
keputusan yaitu dalam hal strategi, tujuan,sasaran dan kebijakan.(2) Faktor
lingkungan dimana lingkungan luar organisasi juga berpengaruh diantarnya
berupa: lingkungan sosial, hukum, teknologi, pemasaran, politik, ekonomi dan
lain-lain.(3) Faktor kepribadian yang meliuti penilaian, kebutuhannya,
kecerdasannya, kemampuannya dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar